Detail Aspirasi

20 Nov 2013

Pembuatan Akte Kelahiran Dikenakan Biaya di Tambora Jakarta Barat

Saya hanya mau mencoba untuk melaporkan atas ketidaknyamanan pada saat pengurusan KK, Surat Pengantar Kelahiran, Akte Kelahiran, dan Surat Pindah, yang saya lakukan di wilayah Kalianyar, Tambora Jakarta Barat.Saya hanya mau mencoba untuk melaporkan atas ketidaknyamanan pada saat pengurusan KK, Surat Pengantar Kelahiran, Akte Kelahiran, dan Surat Pindah, yang saya lakukan di wilayah Kalianyar, Tambora Jakarta Barat.
1. Ketika akan mengurus KK, saya harus memberikan biaya sebesar Rp.20,000.- (Dua Puluh Ribu Rupiah), waktu 1 Minggu.
2. Ketika akan mengurus Surat Pengantar Kelahiran, dikenakan biaya lagi sebesar Rp.20,000.- (Dua Puluh Ribu Rupiah), waktu 1 Minggu juga.
3. Membuat Akte Kelahiran, di Kelurahan saya dikenakan biaya Rp.250,000.- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) dan Akte selesai selama 2 Bulan. Lalu saya meminta mengurus sendiri Akte ke Dinas Kependudukan Sipil Jakarta Barat yang ada di Meruya, dan dikenakan biaya sebesar Rp.20,000.- (Dua Puluh Ribu Rupiah) dan Akte selesai selama 1 Bulan 1 Minggu.
4. Ketika saya akan mengurus surat pindah dari Kota Jakarta Barat ke Cileungsi-Bogor (karena saya sudah tinggal di Cileungsi-Bogor), oleh Kelurahan Kalianyar saya dikenakan lagi biaya sebesar Rp.200,000.- (Dua Ratus Ribu Rupiah). Waktunya 3 hari.
Usul:
1. Ada baiknya pegawai-pegawai Pemerintahan terhormat yang ada di Kota Jakarta diberlakukan sistem Rotasi, dari daerah yang satu ke daerah yang lain -dalam pemerintahan DKI Jakarta-. Tujuannya untuk meminimalisir para pegawai-pegawai pemerintahan yang terhormat melakukan kong kalikong dan hal-hal lainnya yang dapat merugikan pelayanan masyarakat, pekerjaan mereka kan masih dalam koridor yang sama. 
Demikian keluh kesah saya, semoga bisa menjadi perbaikan kedepannya.
 
Hormat saya, 
Faisal Rakhman

faisal rakhman

Respon SKPD Terkait

a

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta (21 Nov 2013)

Terimakasih atas informasi yang Saudara berikan

 

Sehubungan dengan informasi ini , pertama kami mohon maaf e-besarnya. Sehubungan dengan lamanya pengurusan memang sesuai dengan peraturan batas-batas paling lambat lima hari kerja, namun untuk pengurusan akta kelahiran  proses paling lambat 1 (satu) bulan setelah persyaratan lengkap. Sehubungan dengan biaya yang dikenakan kami membutuhkan informasi tambahan kepada siapa pengurusan karena memang jumlah biaya tersebut tidak sesuai dengan retribusi yang ada pada Perda No. 3 tahun 2012 tentang Retribusi daerah agar dapat ditindaklanjuti. Sebagai informasi tambahan bahwa proses pencatatan kelahiran tidak dilakukan di kelurahan, namun surat keterangan memang dari kelurahan, namun prosesnya di Suku Dinas sesuai wilayah kelahiran (asas peristiwa). Sehubungan dengan hal ini kami telah mengkonfirmasikan dengan Ibu Purwanti sebagai Kasatpel reg kelurahan Kalianyar dan menyatakan tidak ada permintaan uang dan biasanya pengurusan kelahiran diminta pemohon langsung ke Sudin. Kami minta Saudara ke kelurahan Kalianyar pada loket pelayanan kependudukan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan , semoga bermanfaat


Salam
Redaksi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta (21 Nov 2013)